Thursday, January 11, 2018

MOVING CLASS (FARMER & RECYCLE SAMPAH)

Salah satu tugas pendidik adalah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Poin penting ini jelas harus dipikirkan oleh para pendidik secara matang, namun hal tersebut juga tak dapat berjalan jika tak ada andil positif dari sekolah tempat para siswa belajar. hal inilah yang coba dibangun oleh SMP Khalifah Boarding School, yakni untuk memfasilitasi pendidik dan peserta didik menemukan cara belajar yang efektif dan menyenangkan. Salah satunya, setiap guru di tuntut untuk mengadakan kegiatan Moving Class yang sesuai dengan kompetensi yang diajarkan.

Bermain Sambil Belajar

Bekerja sama dengan The Organization for Industrial, Spiritual and Cultural Advancement (OISCA) Sukabumi, SMP Khalifah mengadakan kegiatan Moving Class dengan mengusung tema "Farmer and Recycle Sampah.". Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari yakni pada selasa, 3 Oktober 2018 bertempat di OISCA Sukabumi Training Center.

Pada kegiatan ini siswa belajar mengenai proses menanam tanaman organik, membudidayakan ternak, membuat pupuk organik, mendaur ulang sampah menjadi kerajinan tangan hingga melihat proses pembuatan bakteri Trikoderma. Disamping itu, untuk menciptakan suasana yang menyenangkan, kegiatan diselingi oleh berbagai permainan sehingga tercapailah proses 'Bermain sambil Belajar.'


Hasil yang di dapat oleh para siswa setelah mengikuti kegiatan ini, tidak hanya mereka lebih memahami bagaimana proses menanam berbagai tanaman organik, tetapi para siswa juga belajar untuk menjaga lingkungan. Terakhir, yang tidak kalah penting adalah anak-anak belajar untuk mensyukuri setiap anugerah yang diberikan Tuhan berupa lingkungan yang sehat dan menyenangkan. (SKA)

0 comments:

Post a Comment