Friday, November 30, 2018

MULIANYA BERBAGI MAKANAN MENURUT ISLAM


Halhalal – Memberi makan orang lain adalah amal sosial yang mulia yang dicontohkan dalam Islam. Tak pandang siapa orang yang diberi, entah itu Muslim atau non-Muslim.
Rasulullah SAW pun mencontohkannya. Beliau SAW rajin mendatangi seorang pengemis Yahudi yang buta untuk memberikan makanan dengan cara menyuapinya. Padahal sambil disuapi, pengemis Yahudi buta tersebut tak henti-hentinya menjelek-jelekan Nabi. Karena keindahan akhlak Nabi tersebut, akhirnya si Yahudi buta itu pun terharu dan serta merta mengucapkan kedua kalimat syahadat.
Begitulah akhlak Rasulullah kepada umat non Muslim, apalagi kepada yang sesama Muslim. Beliau lebih menganjurkan lagi.
Rasulullah SAW bersabda, “Siapa pun mukmin memberi makan mukmin yang kelaparan, pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya makanan dari buah-buahan surga. Siapa pun mukmin yang memberi minum mukmin yang kehausan, pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya minum dari minuman surga. Siapa pun mukmin memberi pakaian mukmin lainnya supaya tidak telanjang, pada hari kiamat nanti, Allah akan memberinya pakaian dari perhiasan surga.” (HR. Tirmidzi).
Dengan senang berbagai makanan pulalah, kita akan mendapatkan naungan Allah di hari akhir kelak. Rasulullah SAW bersabda, “Tiga perkara siapa pun yang ada padanya, kelak akan dinaungi oleh Allah di bawah arsy-Nya. Yaitu, berwudu pada waktu cuaca dingin, mendatangi masjid meskipun gelap, dan memberi makan orang yang kelaparan.” (HR. Abu Muslim al-Ashbahani).
Pada hadits lain, Rasulullah SAW bersabda, “Tidak (sempurna) iman orang yang kenyang perutnya sedang tetangga sebelahnya kelaparan.” (HR. Al-Baihaqi).
Kata ‘tetangga’ dalam hadist tersebut adalah umum, tidak terpatok pada tetangga yang Muslim saja. Jadi, kita juga diperintahkan untuk berbagi kepada orang yang berbeda keyakinan sekali pun. Hal tersebut tak lain karena Islam, agama kita adalah agama yang rahmatan lil a`lamin, yaitu agama yang selalu menyebar rahmat kepada semesta alam. .www.halhalal.com.

0 comments:

Post a Comment