Monday, November 19, 2018

ujian praktek musik



musik dapat memberikan pengaruh terhadap otak dan karakter yang bisa dibentuk sejak usia dini. Nah… mau tahu dampak apa saja yang terjadi serta manfaat yang dapat diperoleh dari belajar musik? yuk simak ulasannya!
Kinerja Otak Jadi Seimbang
Penting bagi anak-anak agar otak mereka berkembang dan aktif secara seimbang, sebagian anak khususnya orang Indonesia lebih banyak dominan otak kiri. Saat bermain musik inilah koordinasi anggota tubuh yang berperan untuk memainkan alat musik merangsang kinerja otak agar aktif di kedua bagian yaitu otak kiri dan kanan. Musik juga dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, visualisasi, penalaran, dan multi-tasking. Manfaat belajar musik sejak dini akan sangat dirasakan dampaknya tidak hanya bagi anak tapi juga orang tua.
Kecerdasan Bahasa (Language) Meningkat
Musik adalah bahasa jiwa yang dapat dimengerti oleh hampir setiap orang, saat bermusik ada perasaan yang harus kita ekspresikan atau tuangkan dalam nada, hal ini membuat seseorang berpikir bagaimana menggunakan bahasa melalui suara tanpa kata-kata (abstrak). Ya… itulah uniknya musik, kita dapat mempengaruhi jiwa seseorang, melakukan komunikasi secara tidak langsung untuk menyampaikan perasaan walau hanya melalui alunan suara dan nada. Manfaat belajar musik sejak dini dapat mengasah kemampuan IQ dan EQ, kognitif, membaca, dan kemampuan otot motorik halus anak. Jika ingin anak anda perkembangan otaknya lebih baik dan aktif, perdengarkan musik-musik klasik yang iramanya tenang agar membuat pikirannya lebih rileks dan terhindar dari stress.
Melatih Mental
Adakalanya seorang yang bermain musik harus tampil didepan umum, karna musik tidak hanya untuk dipelajari dan dinikmati seorang diri tetapi akan lebih bagus jika dapat digunakan untuk menghibur orang lain. Saat seperti ini, seorang anak yang sejak dini diajarkan berani tampil akan membentuk rasa percaya dirinya. Sering kita temui anak-anak yang merasa takut tampil didepan orang banyak, mengalami demam panggung hanya karena kurangnya rasa percaya diri. Hal ini tentu kurang baik untuk perkembangan dan masa depannya nanti. Rasa percaya diri dan mental harus diasah sejak dini agar anak kelak dapat menghadapi berbagai masalah dalam hidup dengan lebih kuat, agar pergaulannya dalam lingkup sosial menjadi lebih mudah. Temukan manfaat belajar musik sejak dini dalam melatih mental dengan cara yang menyenangkan melalui musik.
Terbentuknya Karakter
Musik mampu membentuk karakter anak secara kuat dengan cara yang mudah dan menyenangkan sehingga tanpa disadari oleh anak secara langsung, berbagai sifat baik akhirnya tertanam dalam dirinya berkat bermain musik. Dalam proses belajar yang panjang hingga ia berhasil menguasai alat musik atau berkarya, terdapat pelajaran moral dan karakter bagi dirinya sendiri. Disiplin dalam berlatih, kesabaran, ketekunan, tanggung jawab, bekerjasama adalah karakter yang didapatkan dari manfaat belajar musik sejak dini. karakter ini tidak mudah dibentuk bagi mereka yang tidak bermusik, hal ini lah yang membedakan antara anak yang belajar musik dengan yang tidak.
Tertarik ingin mengajarkan anak anda tentang musik? Coba saja di http://www.kelasmusik.com

0 comments:

Post a Comment